posted by aryo tejo w on September 8, 2016

Tahap pembuatan blog dengan framework (Yii), adalah dengan menambahkan extension untuk mempermudah penulisan artikel. Pada blog ini digunakan extension editMe. Salah satu keunggulan adalah bisa mengunggah file gambar (di PC kita) yang akan disisipkan di artikel. Saat artikel telah diposting, tampaklah kekurangannya, yaitu artikel akan terlihat secara keseluruhan bersama juga dengan gambar yang disisipi.
Hal ini kurang efisien dalam hal, kecepatan tampilan web. Setiap membuka browser internet, sesungguhnya, akan mengunduh juga file dan gambar yang tampak, artinya akan boros pulsa :) dan juga lambat saat menampilkan halaman web.



Salah satu cara adalah dengan menambahkan prosedure di web, sehingga dalam artikel bisa disisipi penanda more.   Berikut ini adalah script nya:

public function moreLink($idnya,$isinya)
    {
       $hasil="";
       
        if(strstr($isinya, '<more>', true)==false)
        { $hasil= $isinya; }
       else
        {
            $hasil=strstr($isinya, '<more>', true);
            $hasil= $hasil.$isilink='<a href="../post/'.$idnya.'">SELENGKAPNYA</a>';
        }
        
       return $hasil;
    }


Setiap artikel yang tampak di halaman web akan selalu terpotong, tepatnya dibatasi tulisan yang tampak, sesuai dengan penulisan "more" di dalam artikel itu sendiri. Rangkaian artikel akan diakhiri dengan tulisan SELENGKAPNYA dan saat kita klik tulisan  SELENGKAPNYA maka akan mengarah ke artikel itu secara penuh dan menghilangkan kata SELENGKAPNYA tadi. Berikut coding nya:

public function tanpaMore($isinya)
    {
       
       $hasil="";
       $hasil=str_replace("&lt;more&gt;","" , $isinya);
       return $hasil;
    }



 

Leave a Comment

Fields with * are required.