• Angular Tutorial Bahasa Indonesia ; framework web dev : tahap pertama persiapan

    Perkembangan IT dalam teknologi programming web, sudah banyak sekali. Terutama sejak javascript atau JS, sudah bisa digunakan hampir di segala sisi web development. JS untuk sisi server, sudah dikenalkan dengan nodejs, sedangkan sisi pengguna ada react, vue , .. , dan angular.

    Untuk angular merupakan kerangka kerja membuat web, sudah ada struktur file dan folder tertentu dengan fungsinya dalam projek angular. Yaitu sejak tahun 2016, angularjs 1.x diganti dengan suatu framework dengan basis TS, typecript. Adapun untuk versi 1.x belum suatu framework, masih berupa library yang didaftarkan seperti menggunakan file javascript JS lainnya, biasanya di atas penutup tag body  </body>. Mengapa berada di bawah script list code ? Kenapa tidak jadikan satu baris dengan file css, yang berada di tag header ?

    Jawabnya, agar loading time web tidak terlalu lama,karena dibanding dengan file css yang lebih kecil, penempatan file JS di header akan mempengaruhi kecepatan web untuk tampil penuh.

    Mengenai produk RK atau satufokus.com dalam web app, menggunakan salah satu library javascript angularJS utk versi 1.x dan framework angular utk produk selanjutnya.

    Untuk menggunakan angular yang sekarang sudah versi 13, mula pertama harus instal dulu nodeJS. Silakan KLIK link ini https://nodejs.org/en/download/

    Unduh file setup sesuai dengan kebutuhan operating system yang dipakai. Jika sudah selesai akan bisa dicek melalui, CMD utk windows. Atau command prompt , dengan ketik command prompt di bagian “type here to search”.

    Pada CMD ketikkan: node –v ; akan muncul versi nodejs yang digunakan. Untuk punya penulis mempunyai versi V12.22.7 Tahap kedua , saya sarankan menginstal Visual Studio Code (VSC) ada yang versi community alias free atau yang berbayar, silakan memilih.

    Adapun link unduhnya bisa di sini https://code.visualstudio.com/download Mengapa saya sarankan VSC ? disamping mempunyai terminal ( command prompt yang ada di fitur VSC ), juga mempunyai theme yang menarik, serta fitur autocorrect fitur lainnya

    Tahap ketiga, installah Xampp untuk sisi server nya, yaitu php dan mysql nya. Silakan ke halaman ini https://www.apachefriends.org/download.html

     

    contoh produk web app ;

    http://digprint.satufokus.com    , untuk usaha digital printing dan advertising

    { { mempunyai fitur pengiriman pesan Whatsapp ke HP customer, nilai order sesuai transaksi.

    mempunyai modul order yang bisa pembayaran tunai dan non tunai dalam 1 nota, mempunyai modul dan monitoring progress SPK -surat perintah kerja, mempunyai fitur export ke Excel tiap laporan} }

    http://eadmin.satufokus.com  , untuk  usaha retail umum

    {{ fitur idem }}

     

    Nota Digital sebagai pengganti printer kirim ke whatsapp dari kasir

    Digitalisasi adalah suatu proses yang mengubah suatu barang atau jasa secara fisik ke dalam format biner yang bisa disimpan, dipanggil lagi dan diolah lebih lanjut. Secara gampang, semua yang bisa kita lihat di layar komputer dan atau smartphone (HP) adalah bentuk digital. Misal. ada tampak foto kursi dengan berbagai keterangan yang menyertai menjelaskan suatu bentuk kursi, apabila nanti secara fisik bisa dipegang akan sesuai dengan keterangan tadi.

    Gambar hasil kiriman foto nota

     

    Pada suatu bisnis, nota adalah suatu bukti transaksinya. Bagaimana jika bukti transaksi tadi, berbentuk gambar digital ? hal ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi kertas yang digunakan. Penghematan lain adalah  mesin printer bisa digantikan.

    Nota hasil transaksi tadi, bisa dibuat bentuk gambar,dan untuk kemudian melalui aplikasi gambar bisa diedit sesuai kebutuhan dan untuk kemudian dikirim melalui aplikasi WhatsApp , menarik bukan?

     

    Jika anda menginginkan, silakan UNDUH di sini untuk melihat video tutorialnya.

    Dengan mengembangkan lagi produk Rumah kode, telah keluar versi RK.DP_L10v3B2rev07 dan bisa Anda unduh dengan dengan klik DI SINI

    Aplikasi Digital Printing dan Percetakan multi divisi atau mesin cetak

    Suatu usaha digital printing dan percetakan  yang  mempunyai beberapa mesin cetak yang berbeda-beda. Agar setiap order secara otomatis diterima staf yang akan memproses item order tadi , maka tiap order harus mempunyai informasi sesuai jenis mesin untuk pekerjaan itu.

     

    Misalkan, item order  HVS 1 ply - 1 warna mempunyai  jenis  Offset . Artinya pada aplikasi yang dibuka oleh staf di Offset hanya berisi data order yang offset saja. Sehingga tiap order tidak akan tertukar staf operatornya dalam memproses item order itu ( terkait dengan mesin yang bersesuaian ).

     

    Aplikasi ini, ada modul khusus operator, tiap operator ini mempunyai informasi jenis mesin atau divisi kerjaan. Informasi item order khusus operator ini, digunakan untuk menampung data proses kerjaan.

     

    [gambar modul proses operator]

     

    Tabel di atas, berisi data item order yang masuk, dengan kata lain belum diproses. Apabila terjadi pembatalan, maka item order di tabel ini akan hilang.

    Tabel di bawahnya adalah tabel yang sudah diproses dan sedang diproses,belum jadi. Sehingga saat item order/kerjaan sudah jadi,.segera klik kanan, item order dan tekan Jadi.

    Setelah itu, isi tabel ini, akan hilang item order yang sudah jadi tadi.

     

    Dengan desain ini, tidak diperlukan Surat Perintah Kerjaan untuk staf operator.

     

    Untuk owner atau supervisi, ada modul Monitoring Proses.  Ada 4 tabel yang semua berisi item order. Masing-masing dibedakan berdasar tahap proses.

    Tabel kiri atas; berisi data item order masuk dan belum diproses.

    Tabel kanan atas; berisi data item order yang sudah diproses

    Tabel kanan bawah; berisi data item order yang sudah diselesai atau jadi.

    • Pengambilan pesanan, dilakukan oleh staf atau admin yang mempunyai hak akses modul ini. Pada tabel kanan bawah ini, klik kanan item yang sudah selesai , pilih “Modul Ambil Order “

    Tabel kiri bawah; berisi data item order yang sudah diselesai dan sudah jadi.

     

    [ gambar modul  Monitoring Proses ]

     

    Jika unduh dan instal setup;  silakam KLIK link INI  nama file RK.DPL10_v3_m , besar file 18 Mb

    Cara Membuat dan Upload file ke sub domain

    Alamat situs atau web pada saat ini sudah banyak berkembang, tidak hanya dot com ( .com). Apabila anda hanya mempunyai 1 domain  atau alamat situs, anda masih bisa upload kerjaan web aplikasi di sub domain.

     

    Sub domain, adalah alamat situs di dalam situs utama. Semisal alamat situs satufokus.com , alamat sub domain berada di depan situs utama, misal tutorial.satufokus.com.

     

    Untuk membuat aplikasi web dapat jalan di sub domain, tips yang pertama adalah buat dahulu sub domain itu. Setelah sub domain berhasil dibuat, otomatis akan tercipta suatu folder di public_html sesuai nama sub domain yang telah kita buat.

    Langkah – langkah sebagai berikut:

    1. Masuk ke cpanel anda, isi username dan password
    2. Ke bagian Domains, klik item subdomains, akan membuka halaman subdomain
    3. Isi bagian Subdomain; bagian Domain secara mula telah terisi sesuai nama domian anda. Bagian Document Root, akan terisi otomatis sesuai isian di subdomain.
    4. Tekan tombol Create, untuk membuat. Akan diarahkan ke halaman sebagai info bahwa subdomain berhasil dibuat.  Klik Back utk mengatur lebih lanjut
    5. Arahkan ke halaman “File Manager” , carilah folder sesuai nama subdomian yang telah anda buat
    6. Upload file zip dari file projek anda di folder tadi
    7. Extract file zip dan cobalah

    Nb: database sudah Anda buat dan upload semua tabel dan datanya

    Cara memberi file permissions di windows 7 bag 1

    Apa itu file permissions di windows ?

    Secara garis besar adalah suatu hak kendali atas suatu file atau folder untuk di rename atau di delete dan lainnya. Di operasi sistem windows dan operasi sistem lainnya, menerapkan pengeloaan hak kendali tiap user yang memakai operasi sistem itu.

     

    Maksud dan tujuan adanya pengaturan hak kendali agar user tidak bisa melakukan rename atau delete ( itu yang utama ) oleh karena file tadi sangat penting ada di sistem.

    Contohnya, apabila user ke folder C:\Windows\SysWOW64

    Dan mencoba rename salah satu file yang ada di folder itu, misalnya file maka

    Akan ada suatu kotak dialog peringatan

     

    You need permission to perform this action
    You require permission from TrustedInstaller to make changes to this file

     

    di bawahnya ada tombol Try again dan Cancel

     

    File odbcad32 ini adalah file berbentuk exe ditandai bagian Type berupa Application, yaitu untuk aplikasi pengelola seting ODBC ( object data base connectivity ).

    Apabila file odbcad32, hilang atau diubah namanya, maka tidak akan berfungsi item Data Source di Control Panel\All Control Panel Items\Administrative Tools

     

    Akan tetapi suatu saat secara manual, kita memerlukan setingan file sistem. Bisa jadi salah satu file sistem sudah corrupt atau rusak, sehingga memerlukan ganti dari file sama dari sumber lain, misal download internet.

     

    Klik link ini untuk lanjut baca

    Cara memberi file permissions di windows 7 bag 2

    Langkah pertama agar bisa mempunyai hak ijin (permission) adalah klik kanan file pilih properties

    Langkah kedua , pilih bagian Security

    Bagian ini dimaksudkan untuk pengaturan “Keamanan” antara lain, pengaturan untuk rename ( ubah nama file ), delete ( hapus file ), Read & Execute ( baca dan eksekusi perintah )  , Write ( menulis , jika file tersebut bisa ditulis misal TXT, Word, INI dan lainnya )

    [  gambar properties bagian Security ]

     

    Tekan tombol Advanced di bagian bawah... akan muncul  kotak dialog

    Ada beberapa bagian di kotak dialog ini; antara lain : Permissions , Auditing , Owner dan Effective Permissions

    Langkah ketiga , pilih bagian Owner

     

    Pilih lah bagian Owner ; maksudny adalah memilih siapa yang akan diberi hak ijin (Permissions) atas file yang sedang dikelola ini.

    Tampak pada tabel, informasi User Account.

    Dan secara default atau mula pertama yang ada yaitu TrustedInstaller

     

    [  gambar properties bagian Security > Advanced > Owner ]

    Tekan tombol Edit untuk memilih dan menambah user account jika belum ada di tabel. ... akan muncul  kotak dialog

     

    [  gambar properties bagian Security > Advanced > Owner> Edit ]

    Klik link ini untuk lanjut baca

    Cara memberi file permissions di windows 7 bag 3

    Pada langkah ketiga , mengubah owner file permissions, nampak gambar dibawah ini

    [  gambar properties bagian Security > Advanced > Owner> Edit ]

     

    Akan tampak info di tabel  Change Owner  To   . Yang pada kotak isian Current Owner tertulis TrustedInstaller , maksudnya adalah yang memiliki kendali ijin sekarang ini ( Current Owner ).

    Pilih dengan mouse, informasi owner yang akan anda jadikan owner. Sebagai keterangan, apabila Anda instal windows, tanpa ada User Account lain, otomatis dia bertindak sebagai Administrators.

     

    Maka pilih lah ownernya yang  Administrators; dengan  tulisan Administrators(NamaPC\ Administrators).

    Jika NamaPC atau Computer name anda, semisal Admin, maka akan tertulis; Administrators(Admin\ Administrators).

    Tekan Tombol Apply di kanan bawah

    [  gambar properties bagian Security > Advanced > Owner> Edit > Apply]

    Tekan OK, untuk menutup balik ke

     

    [  gambar properties bagian Security > Advanced > Owner> Edit ]

     

    Klik link ini untuk lanjut baca

    Cara memberi file permissions di windows 7 bag 4

    Pada langkah ketiga , mengubah owner file permissions, yaitu setelah tekan Edit, dan muncul kotak dialog ubah owner. Setelah tekan tombol Apply dan selanjutnya tekan OK.

    Maka akan kembali lagi ke gambar langkah ketiga.

    Nah, untuk langkah ke empat, yaitu mengubah ijin file, dengan memilih bagian Permissions.

    [  gambar properties bagian Security > Advanced > Permissions]

     

    Tekan tombol Change Permissions.. akan muncul  kotak dialog

     

    [  gambar properties bagian Security > Advanced > Permissions > Change Permissions ]

    Pilihlah data pada tabel, nama user account yang telah diseting pada langkah ketiga.

    Tekan tombol Edit .. .. akan muncul  kotak dialog

    [  gambar properties bagian Security > Advanced > Permissions > Change Permissions > Edit ]

     

     

    Langkah ke empat [finish]

    Tandai pada lajur Allow, pada item Full Control dan seterusnya tekan OK untuk menutup semua kotak dialog properties.

     

    File odbcad32 di folder C:\Windows\SysWOW64 sudah bisa dikelola atau sudah dikontrol secara penuh oleh user account Administrator

    Tipe Bayar dalam Digital Printing dan Percetakan

    Usaha Digital Printing dan Percetakan, selama ini sudah bisa menerapkan transaksi online sepenuhnya, tanpa harus secara fisik, cusstomer datang ke tempat usaha.

    Customer dan operator di tempat usaha digprint, bisa komunikasi melalui aplikasi chating whatsapp.

    Adapun proses transaksi; customer mengirimkan foto dalam bentuk file image ke operator. Operator akan mencatat sesuai kebutuhan customer. Dan menyerahkan ke desainer layout. Setelah direvisi file tadi, dikirmkan lagi ke customer untuk dilihat sebelum cetak ke mesin digprint. Operator akan meminta uang muka ke customer, sebagai tanda jadi transaksi. Dan seterusnya hingga siap kirim melaui jasa kurir.

     

    Oleh karena semua dilakukan secara jarak jauh, pembayaran yang paling mungkin adalah melalui tranfer bank , salah satunya. Melaui bukti bayar, bisa struk tranfer atau transaksi ebanking , customer dapat mengirimkan melalui whatsapp.

     

    Dalam produk versi RK.DigPrint_L10_v3, ada sedikit perubahan pada “laporan transaksi periode”. Laporan yang menampung semua transaksi keuangan, sehingga bisa dimonitoring dengan baik, termasuk tipe bayar.

    [ gambar modul Laporan ]

     

    Terdapat 3 tombol pra cetak, yaitu tombol semua, Non Cash dan Cash. Sehingga bisa dikelompokan laporannya, untuk memudahkan admin kantor melaporkan ke owner, uang yang diterima dan uang semua transaksi.

    [ gambar hasil preview CASH ]

    [ gambar laporan pra cetak ]

    Aplikasi Monitoring Pembayaran SPP Sekolah Modul Pembayaran

    Modul ini, nantinya akan sering diakses, karena tiap bulan ada siswa yang akan membayar. Perlu diperhatikan, bahwa modul pembayaran siswa, mengambil data terkini dari nilai tunggakan siswa. Hasil dari transaksi pembayaran SPP akan memperbaharui nilai tunggakan siswa.

    Artinya adalah, data kesiswaan harus diperbaharui dahulu sebelum dilakukan transaksi pembayaran. Apabila ada data kesiswaan yang belum update, telah dilakukan transaksi, maka akan diperoleh nilai tunggakan yang tidak sesuai.

     

    Video tutorial :

    pembayaran_SPP.mp4 , klik link untuk unduh

     

    [gbr modul pembayaran]

     

    Solusi jika ada kesalahan pembayaran

    pembayaran_EDIT.mp4 , klik link untuk unduh

    1. Buka modul pembayaran
    2. Tampilkan lagi transaksi no bayar
    3. Pastikan no bayar adalah yang terakhir untuk NIS tersebut, jika tidak, maka akan ada kotak dialog pesan yang keluar
    4. Tekan tombol hapus dulu
    5. Ubahlah nilai pembayarannya, atau data lainnya
    6. Tekan tombol Simpan

     

    [gbr preview cetak pembayaran]