Visual Basic 6 , format no nota yang reset per tahun , bag 2

Menyambung bagian 1 tentang format no nota yang reset per tahun, marilah kita perhatikan syntax SQL untuk autonumber no nota dengan format tertentu dan reset tiap tahun, kembali ke angka awal.

SELECT max(Val(Right(no_nota, Len(Trim(no_nota))-8))) as nota FROM jual where year(tanggal)=" & Val(vTahun_db) & "

Yang menjadi fokus pada syntax di atas adalah query untuk kolom no_nota pada tabel jual.

Perhatikan format RK.0519.001 , oleh karena RK adalah inisiasi yang bersifat konstan. Angka 0519 , adalah informasi yang menunjukan bulan Mei yaitu angka 05 dan tahun 2019 yaitu angka 19. Adapun coding di visual basic 6 seperti ini; Format(DtTanggal.value, "MMYY") , artinya jika di objek datepicker DtTanggal.value (default adalah menunjukkan tanggal saat ini 23 Mei 2019) maka variabel vMMYY (silakan lihat bagian 1) akan menghasilkan “0519” dengan tipe data string.

Sampai dengan ini, sudah mendapatkan rumus coding “RK.” + VMMYY

txtNoNota.Text = "RK." + vMMYY

untuk angka urutan, dimulai dari 001. Oleh karena 001 ini bukanlah suatu tipe data numeric, melainkan string, sehingga tanda operator plus ( + ) ini berfungsi sebagai penggabung string. Sehingga untuk mula pertama jika data penjualan belum ada maka isi kotak textbox sebagai berikut

txtNoNota.Text = Trim("RK." + vMMYY + ".001")

Trim berfungsi untuk menghilangkan karakter kosong di kanan dan kiri karakter yang digabungkan.

Tutorial RK_ofset , Modul Produk , program software aplikasi kasir digital printing dengan monitoring proses bag 1

Modul produk , mempunyai kode yang otomatis terbentuk. Ada yang versi lain, diharuskan memilih Kategori dulu baru kode akan tampil secara otomatis.

Isilah kotak isian Nama, sebagai keterangan produk yang mewakili bahan atau pun jasa. Harga produksi merupakan harga dasar sebelum ditambahkan variabel laba atau keuntungan.

Harga jual ada tiga macam, yaitu harga jual Umum, Member atau Cooporate. Harga jual ini berkaitan dengan jenis konsumen yang order.

Kebijakan perusahaan memberi harga yang lebih murah kepada konsumen Member, karena sering membeli kembali ‘re-order’ dibanding kepada konsumen umum. Jenis konsumen cooporate adalah konsumen yang mewakili kantor baik swasta atau pun pemerintahan.

Ada 2 ‘check box’ atau kotak cek di bawah kotak isian. Yaitu ‘HARUS DIDESAIN’ dan ‘HARUS DIPRODUKSI’.

Apabila kotak cek ditandai untuk ‘HARUS DIDESAIN’ saja, maka kode produk di atasnya, merupakan produk yang melalui proses desain. Artinya seteklah masuk pencatat di modul Order, kode barang ini tercatat di sana, maka data dengan kode ini akan muncul di modul Desain.

Begitu juga dengan ‘HARUS DIPRODUKSI’. Setiap kode produk ini dicatat di modul Order, secara otomatis akan muncul data detail order di modul Produksi. Dan sebaliknya.

Tutorial RK_digPrint_L10 – Modul Produk Layanan Stok, program software aplikasi kasir digital printing, part 1

Modul Stok atau layanan berada di menu vertikal bagian Data Induk. Menu vertikal ini berada di sisi kanan di halaman muka.

 

Setelah modul layanan terbuka, secara default (mula-mula) kotak isian Kode terisi otomatis dengan awalan L dan diikuti dengan urutan data yang sudah tersimpan.

Misal kode: L12, artinya sudah ada data stok yang sudah tersimpan berjumlah 11 data, dan siap diisi lagi untuk kode berikutnya yaitu urutan 12.

Silakan cek data dengan tekan tombol F1, yang akan memunculkan form pencarian data.

Langkah untuk mengisi sebagai berikut:

  1. Isikan kotak isian Nama, maksimal karakter 150
  2. Isikan Harga produksi. Oleh karena digital printing, ada suatu layanan bersifat jasa, ada produk retail siap jual dan ada juga produk yang dibuat terlebih dahulu. 3 macam stok. Isilah di bagian ini nilai harga dasar sebelum ada tambahan variabel untuk mendapatkan keuntungan. Jika di retail umum, bisa disebut harga kulakan ( jawa ), atau harga beli.
  3. Stok terkini, biarkan nol. Nilai akhir stok akan terjadi dari transaksi penyesuaian stok ( utk saldo awal ), terkurangi stok nya karena ada penjualan / order
  4. Harga jual. Ada 3 jenis harga jual, yang dibedakan berdasar jenis customer yang order saat.

Nanti saat di modul order/penjualan, setelah menampilkan data customer, maka akan diketahui jenis customer tersebut. Apakah RETAIL, DEALER atau MASTER. RETAIL untuk jenis customer umum, biasanya per orangan yang tidak ada hubungan khusus dengan owner dan jarang kembali untuk order. DEALER untuk jenis customer dari rekanan bisnis digital printing lebih kecil yang tidak ada mesin cetak, akan tetapi bisa desain. MASTER untuk jenis customer yang mempunyai hubungan khusus, misal dari kantor pemerintahan yang sering order.

Tekan tombol Simpan, untuk mengakhiri entri data baru. KLIK UNTUK LANJUT

VB.net – part 2 Cara Belajar Efektif Pemrograman

Syntax suatu bahasa pemrograman pada dasar hampir semua sama. Baik itu deklarasi variabel,prosedure, function, if then else dan lainnya, mempunyai kemiripan. Akan tetapi untuk  lebih dalam lagi, pasti ada hal yang beda.

Developer aplikasi, biasanya sudah paham akan sistem informasi, sehingga untuk meningkatkan skill, tinggal belajar untuk syntax ( aturan baku bahasa pemrograman agar dapat berjalan dengan baik ). Agar untuk menguasai bahasa pemrograman, tidak “ngalor ngidul” yang artinya tidak fokus, lebih baik melakukan translate bahasa pemrograman yang sudah dikuasai selama ini.

Oleh karena developer mempunyai target agar mempunyai skil yang menghasilkan produk, maka untuk developer sistem informasi, disarankan fokus di bagian manajemen databasenya.

  1. Koneksi string database

Untuk VB 6, bisa dengan coding sebagai berikut:

‘’ awal Koneksi string

strKon = "Provider=Microsoft.Jet.OleDB.4.0;Data Source=" + App.Path + "\db_4rd1to\db_4rd1to.mdb;Jet OLEDB:Database Password=ini_password"

 Set cN = New ADODB.Connection

 cN.Open strKon

‘’ akhir Koneksi string

Terlihat bahwa project memakai ADODB dalam mengelola databasenya. Apabila seorang meng copy dan paste source code di atas, banyak kemungkinan akan error.

compile error:  User-defined type not defined

Sebelum menjalankan project, terlebih dulu seting di menu Project > References > pilih lah Microsoft ActiveX Data Objects 2.0 Library

 

Untuk VB.NET

Ada suatu Namespace, yang harus di Import terlebih dulu.

Namespace adalah cara untuk menghilangkan salah perintah satu antarmuka publik dari yang lain. Atau bisa diartikan; untuk menghindari error saat menggunakan nama class yang sama.

Letak namespace, berada paling atas suatu list code form antar muka. Sebelum memulai penulisan coding, harus menuliskan namespace ini.

 

Imports System.Data.OleDb ‘ ini namespace

‘deklarasi variabel diletakkan di file Module1.vb

Module Module1

  Public Cn As OleDbConnection

  Public DA As OleDbDataAdapter

  Public DS As DataSet

  Public Cmd As OleDbCommand

  Public DR As OleDbDataReader

  Public StrKey As String, strS1 As String, strS2 As String, strS3 As String, strS4 As String

Public strKon As String, strCR As String

Public Sub Konek()

        strKon = "Provider=Microsoft.Jet.OleDB.4.0;Data Source= db_4rd1to\ db_4rd1to.mdb;Jet OLEDB:Database Password=rejeki"

 

        Cn = New OleDbConnection(strKon)

        Cn.Open()

 

 

        'mengubungkan command ke connection

        Cmd.Connection = Cn

    End Sub

End Module

Visual Basic 6 , format no nota yang reset per tahun , bag 1

Sebelum membahas script query dalam implementasi di antar muka aplikasi, lebih baik mengetahui dulu struktur tabel di modul penjualan.

Kolom No nota adalah kolom kunci, yang digunakan sebagai pembeda tiap transaksi penjualan. Secara sederhana tabel penjualan meliputi 2 tabel yang salaing berhubungan. Tabel tersebut adalah tabel jual dan detailjual.

Untuk menjelaskan artikel yang berjudul “Visual Basic 6 , format no nota yang reset per tahun”, maka cukup kita uraikan struktur tabel untuk tabel jual saja.

Yaitu meliputi; no_nota (varchar, 20), tanggal (date), id_customer (varchar, 20),Total (Numeric,single).

Format no nota yang idnginkan misal; RK.0519.001

RK adalah inisial usaha (tergantung pemesan, bisa 2 atu 3 dst, asal konstan)

0519 adalah format bulan tahun yang diambil 2 angka, yaitu 05 untuk Mei dan 19 untuk tahun 2019.

001 adalah urutan pertama kali saat mengisi data.(data masih kosong)

 

Pada antar muka, dibuat letak Text box TXTno_nota lebih di bawah dari pada objek datepicker , yang diberi nama DTTanggal.Maksud tata letak ini, adalah agar user mengatur/memilih dulu tanggal dari datepicker yang secara ototmatis akan memberi format no nota di objek TXTno_nota, format no nota nya.

Dim vTahun_db As String, vMMYY As String

vMMYY = Format(DtTanggal.value, "MMYY")

vTahun_db = VBA.Mid(Format(DtTanggal. value, "DD/MM/YYYY"), 7, 4)

strSql = "SELECT max(Val(Right(no_nota, Len(Trim(no_nota))-8))) as nota FROM jual where " _

+ " year(tanggal)=" & Val(vTahun_db) & " "

MVC: model views control dalam YII bag 2 (Controller)

 

Sesuai arti secara harfiah, bahwa controller memang difungsikan untuk alat kontrol atau kendali. Secara sederhana, Controlller dalam MVC, sebagai alat untuk kendali database, dengan membuat suatu query database dapat dijalankan atau dipanggil di controller dan untuk kemudian di’lempar’kan ke view nya.

Tampilan data yang seperti apa di layout, bagian contrroler inilah yang mengendalikan.

File file controller disimpan di dalam folder protected\controllers. Sama dengan Model, yaitu disimpan dalan folder protected. Artinya dalam konsep framework YII, semua source code controller dan model tidak bisa diketahui oleh user.

Vb.net - part 1 kiat developer aplikasi

jika Anda developer vb6 dan kemudian akan migrasi ke vb.net, tidak perlu kuatir untuk belajar lagi. Banyak artikel dan eyang google dengan youtube nya yang setia support Anda. Seperti semua pemula developer, tahap mula kita belajar adalah mencontoh persis apa yang ditulis senior, (baca developer berpengalaman puluhan/ratusan project). Jika sudah berhasil persis, barulah untuk memulai modif. Biasanya ditahap ini, mulai timbul error yang membutuhkan banyak usaha. Nah, tahap ini situs "stackoverflow" jadi rujukan para developer.

Namun, adakalanya para newbie ada yang malas ngetik "puisi" coding nya. Mereka lebih suka pengen cepat lihat hasil, dengan copas script code dari artikel yang ada. Hal ini tidak disarankan, kecuali jika udah yakin paham betul dan developer yang dikejar deadline waktu. Mengapa copas tidak disarankan?

Saat kita tekan keyboard laptop/PC kita, biasanya akan ada salah ketik "typo", baik kurang tanda titik koma (;) utk php ataupun salah ketik lainnya terkait object utk VB. Saat di run akan ada pesan error.. Saran saya..bersyukur lah. Pengetahuan akan error yang ada akan menjadikan Anda sebabagai developer yang handal ke depan. Dengan ketemu banyak bug/error dan selalu memperhatikan sekaligus mengingat ingat pesan eror tadi, maka akan semakin mempercepat penemuan solusinya.

 

Tahap tahap pembuatan aplikasi program software bagian 3

Merangkum tulisan mengenai tahap pembuatan aplikasi program software bag 1 dan 2 bisa disebutkan sebagai berikut.

1. Memperloeh informasi sistem apa yang akan dibuat.

2. Menggunakan contoh kasus retail atau perdagangan umum untuk mendesain struktur database. Memperoleh berkas laporan laporan dan atau nota untuk mencari kolom kolom yang diperlukan serta menentukan kolom kuncinya. Tahap ke

3 adalah mendesain layout transaksi utama,yaitu transaksi penjualan, agar memperoleh hasil berupa nota yang diinginkan. Modul transaksi mempunyai input dari data induk. Apabila data induk belum ada data, segeralah membuat modulnya.

Developer yang sudah pengalaman sudah mempunyai 'template project' standar yang sudah ada modul login, modul utama, menu laporan dan beberapa modul untuk data induk. Modul data induk meliputi modul Barang, modul pelanggan, modul karyawan dan modul pemasok. Projek standar ini juga sudah dilengkapi database sehingga bisa menghemat banyak waktu untuk membuat projek pesanan yang baru.

Menampilkan ikon bootstrap di web dengan bootstrap versi 4

Dalam pembuatan aplikasi web, ada beberapa bahasa pemrograman yang mesti dikuasai atau setidaknya paham. Apabila aplikasi web berbasis php, maka untuk lebih cepat dalam membuat dan men "deploy" aplikasi ke web server, disarankan untuk mempelajari juga kerangka kerja atau framework. Dalam framework, sudah disediakan fungsi dan aturan sistem untuk masalah keamanan data, routing  ( pindah page, aturan POST - GET dll ), caching dan lainnya. Setelah framework dikuasai, pengembang aplikasi lebih fokus ke sistem bisnis itu sendiri, sehingga kerjaan pengembang lebih terbantukan.

Oleh karena web besifat publik, maka masalah tampilan harus diperhatikan juga. Terlebih dewasa ini, dengan adanya perangkat "mobile" maka desain web harus dapat menyesuaikan ukuran dari perangkat. Masalah tampilan di web, diatur dalam file html dan css. Tampilan adalah ranah client side atau sisi pengguna, untuk itu mesti juga mempelahari kerangka kerja pengaturan layour web ini.

Twiiter memperbolehkan penggunaan secara gratis kerangka layout web nya, yang dikenal dengan BOOTSTRAP. Dan satufokus.com ini telah menggunakan boostrap versi 4, yang merupakan versi paling update untuk saat ini , Mei 2018. Akan tetapi saat memakai vesi 4 ini, ada banyak penyesuain yang mesti diperhatikan, antara lain penggunaan glyphicons. 

Glyphicons adalah tampilan ikon-ikon kecil yang sudah ada di bootstrap, sehingga membantu pengembang web dalam mempercantik tampilan. Sekali lagi pengembang tidak susah susah meminta bantuan desain grafis jika hanya membuat ikon. Fitur glyphicons tidak bisa digunakan secara langsung di versi 4 ini, ada beberapa langkah untuk itu, yaitu:

  1. Unduh lah file glyphicons.css ini  ( silakan klik

      2.extract dan taruh lah di folder css di project web

      3.coding lah di bagian header untuk deklarasi penggunaan file css itu

<? Php Yii::app()->clientScript->registerCssFile(Yii::app()->theme->baseUrl . "/css/glyphicons.css"); ?>

 

Dan ikon bootstrap siap digunakan.

<class="glyphicon glyphicon-record">

Suatu ikon gambar disket, yang mempunyai maksud untuk menyimpan

Persamaan dan perbedaan Developer atau programer aplikasi

Persamaan keduanya harus selesai tahap syntax coding compiler yg dipakai. Artinya adalah kedua sudah mempunyai skill program suatu compiler. Perbedaan antara developer dan programer terletak pada penekanan skill yang dipunyai. Pada dasarnya developer mempunyai skill logic yang midlle up. Kemampuan developer dalam coding meliputi menyimpan menampilkan dan mengubah database serta mampu membuat laporan yang seinformatif mungkin. Itulah kemampuan ‘midlle up’ seorang developer aplikasi.

Adapun seorang programer mempunyai skill coding yang mantap dan kemampuan menterjemahkan logika rumit ke dalam "bait bait" source code dengan baik. Programer terbiasa membuat function atau prosedure yang reusable dan mudah dikembangkan oleh sesama programer lain.

Akan tetapi programer kurang menguasai sistem manajemen informasi yang bisa diterapkan. Ibarat kata, seorang developer bisa membuat sebuah mobil dari merangkai body hingga finishing cat. Dari memasang engine hingga memasang ban. Dari mengkonsep mobil, desain dan bahkan kenyaman mobil bisa dia kerjakan.Adapun engine yang developer buat tidak canggih amat.

Programer fokus dan senang untuk membuat engine yang handal dengan itungan aerodinamik yg berhasil dia terapkan dengan baik di engine itu. Tapi belum tentu bisa merangkai semua komponen mobil sehingga mobil tersebut bisa jalan.

Prepare to build the web using python flask and pycharm

Python can be used to create web applications. In this paper, will explain how to build web applications with flask. Flask is a small framework for building web. This paper describes the web built in windows 7 32 bit operating system.

Assuming you have installed python 2.7, if you want to install python 3.6 then first windows 7 is converted into service pack 1. You need to understand the consequences what happens, if windows is converted into service pack 1 this. It could be input, if still using visual basic is the component msado.tlb in the installation folder in windows will make the resulting exe file will have an error when used on another computer. Here's the link to download https://www.python.org/downloads/ find the setup file that suits your computer.

Settings in the system
Setup python 2.7 can be installed in addition to drive C, if the installation location in D: \ python2.7 then record this location, to determine the computer operating system settings. The steps are:
1. open windows explorer
2. right-click My Computer> properties
will be directed to Control Panel \ All Control Panel Items \ System
3. click Advanced system setings
4. Click the Environment variables button
5. in the System variables section, look for Path
6. Click Path then press Edit button
7. Fill in the following fields: D: \ Python2.7 \ Scripts \; D: \ Python2.7 \;
8. press OK


python is ready to be used to build the web for this stage, that is using python2.7 GUI named IDLE and windows command prompt as terminal to enable python server. As this article does not address this, then look for the pycharm setup as a means to build the web more easily.

Please visit https://www.jetbrains.com/pycharm/download/#section=windows select the Community

Tutorial RK_digPrint_L10 – Modul Karyawan, program software aplikasi kasir digital printing, part 4

Modul Karyawan digunakan untuk mencatat data operator. Isian operator diisikan di modul order. Bersifat pilihan, artinya boleh diisikan boleh juga tidak alias dikosongkan.

Prosedur pengisian data, sama dengan modul Layanan dan customer. Akan tetapi yang agak membedakan ada suatu isian untuk ‘Setting Prosen Komisi’. Nilai setingan ini digunakan untuk menghitung komisi yang dikerjakan operator di modul order. Komisi dihitung dari prosen Total jualnya. Laporan komisi bisa dilihat di menu; Laporan > Order > Komisi Pengerjaan Order Per periode dan juga menu Laporan > Order > Komisi Pengerjaan Order Detail Per periode

Produk Aplikasi Digital Printing

Telah Update,untuk RK.digPrintL10, ada fitur isian PPN. Pajak Penambahan Nilai untuk usaha dagang sebesar 10% dari total jual. Nilai PPN akan ditambahkan dengan total jual, sehingga pembeli akan terbebani 10% nya. Bagi Penjual (terutama yang sudah PKP - Pengusaha Kena Pajak ), nilai PPN tadi disetorkan ke kantor Pajak tiap bulannya.

++++++++++++++

Program Kasir Digital Printing ini sangat terjangkau, mulai dari usahawan yang baru merintis, sampai yang custome dengan tingkat komplesitas yang tinggi.
 silakan bisa diunduh di RK.DigPrint_L0_2018.exe , dengan fitur di menu Modul:
-. Layanan/Stok
-  Karyawan
-  Customer
-  Order/Penjualan dan lapaorannya

setiap order akan mengurangi stok, dengan kondisi;

1. jika kolom Panjang dan kolom Lebar diisi lebih dari NOL, maka berlaku rumus:  stok - ( qty x Panjang )

2. ika kolom Panjang dan kolom Lebar diisi  NOL, maka berlaku rumus:  stok - qty

fitur tambahan:
1. pembulatan otomatis total perkalian dari (p x l x qty   ) - diskon
2. jika ratusan kurang dari 500, maka dibulatkan ke 0
3. jika ratusan kurang dari 501 - 550, maka dibulatkan ke 550
4. jika ratusan kurang dari 550 keatas, maka dibulatkan ke ribuan

misal 12.450, menjadi 12.000
245.535, menjadi 245.500
362.654, menjadi 363.000

 

10. Setup Sistem Informasi Digital Printing Silakan DOWNLOAD diSINI, nama file setup:DigPrintNew5.0.exe user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software

Berikut digital printing pengembangan di atas,.ada kolom Panjang dan Lebar pada nota order. Silakan DOWNLOAD diSINI, nama file setup: DigPrintDG_L.exe user dan password idem di atas ,

khusus setup DigPrintDG_L.exe, ada update silakan unduh fixing_admin5x.rar, utk kemudian extract utk dapatkan exe,.dan copy paste ke folder instalasi,.. krn ada temuan bug,.

versi update digital printing nama file RK.DigPrint_L8.x.exe Silakan DOWNLOAD diSINI

dengan mutasi stok RK.DigPrint_L8.2.1.exe silaka UNDUH DI SINI
video tutorial :
download DISINI, nama file setup: order_DP.exe modul untuk mencatat penjualan atau order yang masuk
download DISINI, nama file setup:SuratJalan.exe modul mencatat barang pesanan yang diantarkan ke pelanggan
download DISINI, nama file setup:pembayaran_piutang.EXE modul untuk mencatat pelunasan piutang ( biasanya pelanggan DP dulu, pelunasan setelah barang pesanan jadi 100% )

10.B Digital Printing - ofset 2016, silakan unduh RK.DigPrint_L9
Cocok untuk Digital Printing dan ofset  menengah yang lebih memfokuskan monitoring kas dan piutang
- jenis customer : retail, dealer dan master
- jenis harga jual produk sesuai jenis customer
- menampilkan harga jual produk sesuai jenis customer yang dilayani, saat di modul order
- adjusment atau penyesesuain jumlah produk
- mengarangi otomatis setiap ada penjualan.
- nota cetak order dan pelunasan piutang dengan logo bergambar

silakan login dgn user: 3 dan pass:3

10.C Digital Printing 2017, silakan unduh RK.DP_L9.v1a 2017

penyempurnaan dari RK.DigPrint_L9  dengan tambahan fitur:

- memakai perhitungan komisi dari laba penjualan
- laba dengan perhitungan:
- jika Panjang=0 dan Lebar=0,  laba=((harga jual - harga beli) x Qty)-diskon
- jika Panjang>0 dan Lebar>0,  laba=((harga jual - harga beli) x Qty x Pjf x Lbr)-diskon
- Komisi melekat ada Karyawan, shingga bisa dibedakan komisi per karyawan (senior, junior dll)
- laporan per karyawan per bulan terkait komisi
- no nota bisa dibuat otomatis terbentuk (jika ada yang menginginkan)

d. tidak perlu mencatat tiap customer baru yang masuk, jk customer yang hanya sekali datang, cukup entri dengan ID customer: UMUM dan isi bagian keterangan dgn nama customer dan no telp nya

10.D versi  RK.DigPrint_L10, kelanjutan dari RK.DigPrint_L9
>modul monitoring proses: proses -> jadi -> diambil

silakan login dgn user: 3 dan pass:3

11. Setup Sistem Informasi OFSET  (khusus produksi Buku) Silakan DOWNLOAD diSINI, nama file setup: percetakaan5.0.exe
fitur:
1. master bahan, kertas, plat, customer, supplier
2. pembelian bahan, catatan kas, pelunasan hutang
3. penjualan, perhitungan harga pokok produksi, pelunasan piutang
4. berbagai laporan modul utk menghitung HPP suatu order sebuah buku dg variabel antara lain:jml lembar hitam putih, bewarna,hard cover,shrink,binding, dll. Dari HPP dapat ditentukan harga jual untuk kemudian ke POS user dan password langsung email japri

11.B. Ofset dan Monitoring Proses (non Buku) silakan DOWNLOAD disini

login user: 3 pass: 3  , dg nama file setup RK_ofset.exe

1.berbentuk jaringan peer to peer dg db terpusat di setup server
2.terdapat pusat monitoring progress kerjaan yang hanya bisa dilihat oleh admin
3. tiap order yang telah disimpan, akan muncul item nama pekerjaan di setiap PC staf desainer  ataupun produksi( setelah tahap desain+revisi selesai)
4. item order dibedakan pada data induk produk, yaitu yang membutuhkan desain dan tidak
5. item produk yang tidak butuh desain, tidak akan muncul dilayar staf desain.
6. tiap user yang login diberi hak akses shg desainer hny melihat modul desain dan revisinya.
7. tiap staf desain dan produksi ada suatu timer utk menghitung waktu yang dibutuhkan utk menyelesaikan  1 item order.

alur data sistem sbb:
1. input produk dengan menentukan produk yg terdesain ato tidak
2. ke modul order/penjualan,.input item produk dan keterangan singkat
3. pada Pusat Monitoring (admin yg lihat) akan tampak item order yang masuk
4. admin bisa mengedit item order dengan klik 2x, salah satu data
akan keluar modul untuk input detail item order,.misal metode cetak, ukuran, warna, sampai file desainnya.
5. admin bisa menentukan suatu item order kerjaanya sudah ACC dan masuk ke produksi ato masih revisi  yaitu dengan acuan informasi klien setelah melihat hasil file JPG yg didesain ulang.
6  dan seterusnya, akan masuk ke produksi hingga nanti pengambilan barang,.semua ada di modul PUSAT MONITORING

11. C Monitoring Progress proses Item Order unduh diSINI

nama file RK_4rd1to_V4
besar file 18 Mb


login
user: admin
pass: 4dm1n

 

 

Tahap tahap pembuatan aplikasi program software bagian 1

Sebuah aplikasi khususnya yang terkait dengan sistem informasi, mempunyai beberapa tahapan dalam membangunnya. Seorang developer aplikasi ketika diminta klien untuk sebuah aplikasi, pertanyaan yang sering diajukan adalah 'program tentang apa'. Maksud pertanyaan tadi adalah untuk mencari tahu sistem yang akan dibuatnya.

Sistem apa pun itu, apabila aplikasi program atau software dalam ranah desktop, bisa didekati dengan acuan transaksi retail. Dalam transaksi retail atau perdagangan umum, secara inti yang menjadi fokus utama adalah transaksi penjualannya. Mengapa yang dijadikan acuan sistem retail?

 

Retail mempunyai sistem yang hampir semua orang bisa memahami. Dalam retail pelaku usaha menjual barang dan mengharap keuntungan. Dalam transaksi penjualan, konsumen bisa belanja banyak item barang dalam satu kali transaksi. Sampai tahap ini, developer sudah bisa membuat konsep struktur tabel database, yaitu ada tabel master detail. Yaitu ada tabel Jual sebagai master dan tabel detailjual sebagai detail. Kedua tabel harus mempunyai hubungan atau relasi agar bisa ditampilkan ulang dalam bentuk suatu nota.

Untuk konsep retail ini hubungan tabel jual dan detailjual adalah kolom no nota. Mengapa? Dalam suatu struk nota, no nota adalah pembeda dari 1 nota ke nota lainnya. Hal ini dimaksudkan agar jika ada komplain konsumen,suatu saat maka bisa ditampilkan lagi.

Coba bayangkan, apabila ada transaksi yang no notanya sama,padahal dari transaksi yang konsumennya ibu A dan satunya ibu B, pasti ada kebingungan untuk cek data yang benar. Sehingga kolom no nota dalam transaksi penjualan harus selalu unik, beda transaksi juga harus beda pula no notanya. Itulah kenapa no nota adalah 'koentji' alias kunci dan dijadikan kolom penghubung.

Unduh Program Retail , Bimbingan belajar

JIKA ANDA MENEMUKAN,SITUS YANG MENGAMBIL APLIKASI DARI RUMAHKODE.WORDPRESS.COM ATAU PROGRESSIVECODE.BLOGSPOT.COM ATAU SATUFOKUS.COM, KAMI TIDAK BISA MELAKUKAN SUPPORT DALAM BENTUK APAPUN, JIKA ADA TROUBLE/BUG/ERROR,. SEBELUM ADA KERJA SAMA RESMI DARI KAMI. APLIKASI MEMPUNYAI BANNER "RUMAHKODE" DAN NO TELP 0852.28129.375 KETIGA SITUS DI ATAS ADALAH SITUS ASLI DARI APLIKASI YANG BISA ANDA UNDUH DAN REVIEW. TERIMA KASIH = = = Free Download Produk kami, silakan unduh, dan coba....kami tunggu review Anda. catatan: "ABAIKAN PERINGATAN DARI GOOGLE, TERKAIT PEMINDAIAN..KRN FILE SETUP berformat exe SHG ADA PERINGATAN SEPERTI ITU"

khusus OS win 7 atau 8 atau Vista - pilih IGNORE jk ada pesan disaat SETUP/instakasi setelah terinstal semua file di layar,.
KLIK KANAN file PROPERTIES > COMPATIBILITY >
- CENTANG DISABLE VISUAL THEMES
- CENTANG DISABLE DESKTOP COMPOSITION
- CENTANG DISABLE DISPLAY SCALLING ON HIGH DPI SETTINGS
- CENTANG "RUN AS ADMINISTATOR"

SETING CONTROL PANEL,<strong> REGIONAL AND LANGUAGE KE INDONESIA</strong>, AGAR FORMAT ANGKA DAN TANGGAL SESUAI
==== <strong> Free download Setup Sistem Informasi Monitoring Keuangan</strong>

Video Tutorial
Hak Akses.EXE    (download disini)   versi MP4 ( unduh disini ) versi WMV ( unduh disini )

Password.EXE (download disini)

1.a Kasir utk toko Kelontong Kecil
download DISINI, nama file setup: POS_RK5x.exe
- skala usaha yg sedang merintis: warung kelontong, sembako dll
- simple, mudah dijalankan, support barcode, miniprinter

Kasir 2018, update dari Kasir utk toko Kelontong Kecil, download DISINI, nama file setup: POS_2018.v003.exe
- mouse less / full keyboard ( tanpa menggunakan mouse ,.kecepatan tinggi cocok untuk pembeli yang antrian panjang )
- mini printer (thermal) (58 mm)
- cash transaksi

 

user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software
1.b Sistem Informasi Keuangan Retail Umum download DISINI , nama file setup: setupRKwp.exe

user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software Minimarket Lengkap ( silakan download disini )

Minimarket Standar ( silakan download disini ) MiniMarket.MN_RK8x.exe

Video Tutorial (ikuti sesuai nomor, saat liat):
1.stok.EXE  (download disini)
1.a.barcode.EXE (download disini)
2.pembelian.EXE  (download disini)
2.a.Konsinyasi.EXE (download disini)
3.Penjualan.EXE</strong> (download disini)
4.pembayaran_konsinyasi_terjual.EXE (download disini)
5.retur_konsinyasi.EXE (download disini)
6.kasKecil_stok.EXE (download disini)

fitur:
a. Penjualan dengan kecepatan tinggi
b. mouse less, berbasis full keyboard
c. mengenal konsep konsinyasi
- membedakan transaksi konsinyasi
- membedakan barang dari suplier mana dan sifat konsinyasi ato tidak
- pembayaran barang konsinyasi yang terjual pada periode tertentu membolehkan barang yang sama disuplai dari beberapa suplier sekaligus, dgn kode barang yang berbeda2 scara otomatis dengan inisial kode supplier nya.
d. pelunasan piutang/hutang yang bisa tercatat beberapa kali dalam tanggal yang sama
e. retur penjualan/pembelian yang dapat mencatat dalam tanggal yang sama. (membolehkan retur beberapa kali dalam sehari )
f. mempunyai histori angsuran piutang/hutang dan link dengan retur penjualan/pembelian

3. Sistem Informasi Keuangan Penerbit Buku download DISINI, nama file setup: penerbit50.exe user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software

4.a.Sistem Informasi Bimbingan Belajar Full Akuntansi download DISINI , nama file setup: SINAU5._DEC.exe
- semua fitur yg ada di "versi lebih ringan full akuntansi"
- master instruktur dan karyawan
- kasbon instruktur dan karyawan
- angsuran pelunasan instruktur dan karyawan
- penggajian instruktur dan karyawan 

b.versi lebih ringan full akuntansi download DISINI, nama file setup: BimbelAc.Rk.exe
- Pendaftaran
- master siswa-peserta
- angsuran pelunasan
- Catatan Kas
- setup akun perkiraan
- jurnal umum akuntansi
- lap neraca saldo
- lap neraca riil
- penutupan periode akuntansi
- lap Laba Rugi user name dan password email japri via email di atas (banner blog)

5. Sistem Informasi Sekolah Terpadu  download DISINI, nama file setup: sekolaIT.5.exe user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software

6. Sistem Informasi Keuangan Usaha Dagang Full Akuntansdownload DISINI, nama file setup: retailACC5jg.exe user name dan password email japri via email di atas (banner blog)

7. Sistem Informasi Tempat Penitipan Anak  download DISINI  nama file setup: mutiaraTSVR.exe user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software

8. Setup Informasi Usaha Dagang setingkat Distributor menengah Silakan DOWNLOAD diSINI  nama file setup: setupT.exe user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software

9. Setup Informasi Tiketing Tour Travel Airlines Silakan DOWNLOAD diSINI, nama file setup: setupCBU.exe user name: 3 dan password: 3

utk menjalankan software liat video penjualan Silakan DOWNLOAD diSINI

12. Setup Sistem Informasi Laundry Silakan DOWNLOAD diSINI nama file setup: Laundry.4x.exe user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software

13. A. Setup Sistem Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Silakan DOWNLOAD diSINI, nama file setup: KSP.4x.exe user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software
B. Koperasi SIMPIN Full Akuntansi Silakan , nama file setup: KSP_akt.exe
fitur:
- Data induk Nasabah (pinjaman dan simpanan/tabungan)
- pengajuan pinjaman
- pelunasan pinjaman
- tabungan
- Setup Perkiraan akuntansi
- Seting Perkiraan akuntansi
- lap buku besar
- lap neraca saldo
- lap neraca riil
- lap laba rugi
- jurnal umum
- closing periode akuntansi

14. P O S, points of sales = kasir Silakan DOWNLOAD diSINI, nama file setup: POSRKa.exe user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software
fitur:
- data induk stok
- adjustment/penyesuaian stok
- Point of sales
- laporan-laporannnya

15. L B B, Lembaga Bimbingan Belajar / LPK  Silakan DOWNLOAD diSINI, nama file setup: Bimbel_NA.Lsc.RK.exe user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software

16. K S U, Koperasi Serba Usaha,Gadai dan Leasing full akuntansi Silakan DOWNLOAD diSINI, nama file setup: KSU_R15.exe user name dan password email japri via email di atas (banner blog)

17. Tiketing Perusahaan Otobis Silakan DOWNLOAD diSINI , nama file setup: PO.5x.exe user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software. Petunjuk Pemakaian DOWNLOAD diSINI

18. Penginapan dan Hotel sederhana Silakan DOWNLOAD diSINI, nama file setup: Inap.5x.exe user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software

18.b. Sistem Keuangan Hotel silakan Download disini, nama file setup: rk_HOTEL silakan yang akan minat serius email ke aryotejow@gmail.com atau WA ke 085228129375 untuk mendapatkan user dan password login

data induk kamar dan detail fasilitas
transaksi dari booking->check in->check out ( dengan berbagai kemungkinan transaksi)
melayani ID customer pribadi atau company ( ada fasilitas utk diskon member)
modul Kasir toko, untuk melayani tamu dan tamu umum
denah kamar yang bisa diketahui statusnya saat check berdasar tanggal: di bboking;terisi atau kosong

19. Grosir dan Komisi Sales Silakan DOWNLOAD diSINI, nama file setup:GrosirRK.exe user name: 3 dan password: 3 utk menjalankan software

20.Aplikasi Penjualan Toko Emas download DISINI, nama file setup: GOLD.6x.exe user name dan password email japri via email di atas (banner blog)

21.Aplikasi Distributor Obat dan Alat Kesehatan download DISINI, nama file setup: setupMedRK.exe aplikasi distributor, baik berupa agen obat atau alat kesehatan. fitur: - Faktur Pajak - surat jalan - kasbon dan angsuran utk karyawan - penggajian user name dan password email japri via email di atas (banner blog)

22.Sistem Informasi Manajemen Konsultan Developer Bangunan download DISINI ,nama file setup:DevRK.5x.exe user: 3 dan password: 3 fitur: - monitoring uang kas per projek - monitoring progress bangunan dengan gambar ( versi lain,.silakan japri bagi yang serius )

23.Sistem Informasi Manajemen Toko Online download DISINI,nama file setup: tokoBukuOnline.exe user:3 pass:3
fitur:
terdapat export dari excel ke database,.dengan menyertakan file katalog.xls
- sbg pendukung toko online anda, shg memudahkan administrasi keuangan.
- terdapat cetak alamat yg lengkap, shg memudahkan pengiriman sampai tujuan

24.Sistem Informasi Manajemen Rental dan Cuci Mobil-Motor download DISINI,nama file setup: SetupCM_RK.exe user:3 pass:3

1. otomatisasi penghitungan rate baik jumlah hari, hari libur atau sabtu minggu
2. otomatisasi penghitungan overtime
3. penghitungan grup cuci mobil
4. arus kas

25.Software Rumah Makan Cafe Resto versi dasar download DISINI,nama file setup: RM-RK2015.exe user:3 pass:3
1. ada data stok: retail dan non retail
2. Penjualan, tidak harus mengisi data dari data stok, bisa langsung menuliskan menu/masakan yang tidak ada di data, sehingga cepat pelayanan tidak ribet masalah data stok yang belum update
3. laporan grafik income
4. catatan Kas

video tutorial
1. Pembelian stok retail download DISINI,nama file setup: Pembelian.exe
2. Stok dan Penjualan download DISINI,nama file setup: Stok_Penjualan.exe

26.Software Rumah Makan Cafe Resto versi middle download DISINI nama file setup: RM-V2.2015.exe user dan pass silakan email aryotejow@gmail.com atau WA atau BBM
keterangan:
1. semua fitur di no.25 tercakup semua
2. ada fitur produksi masakan dan penarikan (retur masakan) yg tidak laku
3. laporan lebih lengkap
4. cetak nota dengan mini printer

27.Sistem Absensi Kerja Karyawan download DISINI ,nama file setup: Absen.RK02.exe user dan pass silakan email aryotejow@gmail.com atau WA atau BBM
keterangan:
1.fitur Inisiasi absen per bulan
2.rekam jejak absen dalam sebulan berjalan
3.jadwal hari dan jam kerja
4.lapaoran perhitungan jumlah absen dan tidak masuk dalam 1 bulan

28.Aplikasi/Program/Software Rental Alat (Kamera) download DISINI,nama file setup: setupRK.exe
keterangan:
modul Alat, Customer
modul Booking, modul Rental dan modul Pengembalian
1.Status jumlah Alat: tersedia;terBooking;terRental
2.Alat yang dipinjam tapi belum dikembalikan
3.Alat yang diBooking tapi belum diambil
4.Dan masih banyak lagi status alatnya
5.Kas Kecil yang membedakan pengeluaran/pemasukan non Tunai dan Tunai
29.<strong>sistem informasi lainnya...silakan cari di artikel lainnya</strong> === terma kasih partisipasinya

Tutorial RK_digPrint_L10 – Alur Data, program software aplikasi kasir digital printing
 
 
 
   
 
   
 
   
 
   

Produk program software aplikasi kasir digital printing ini, sederhana mudah dipahami dan disukai banyak customer. Pengusaha digital printing yang sudah lama melakukan pencatat manual, akan sangat terbantukan dengan program ini. Oleh karena bersifat custome, pengguna yang akan memakai bisa unduh dan trial dulu untuk melihat fiturnya.

Bisnis digital printing adalah gabungan retail dan jasa. Sehingga dilengkapi kolom Panjang , Lebar disamping kolom Qty, harga jual.

Pada perkembangan dalam develop program ini, ada customer yang minta suatu aturan untuk pembulatan hitungan.

Misal; hasil perkalian P x L dalam meter persegi dibulatkan ke 0,5 atau ke atas nya barud hasil luas pembulatan dikalikan lagi dengan Qty X h.jual

KLIK SINI UNTUK LANJUT KE TUTORIAL

VB.net – part 3 translate dari VB classic , insert,query, update dan delete , bagian INSERT

Tahap mula seorang developer sistem informasi adalah bisa mengelola data, yaitu menyimpan, menampilkan di kotak isian, memperbaharui dan membuang data. Konsep dalam manajemen database, hampir semua sama, baik itu menggunakan database besar atau kecil.

Tahap 1. Verifikasi kolom kunci sudah ada di dalam database atau belum.

Cara verifikasi dengan membandingkan kolom kunci tadi dengan objek kotak isian.

Vb.6

strS1 = "select kode_barang from stok where  kode_barang='" & (Txtkode_barang.Text) & "'"

Set rsData = cN.Execute(strS1)

If rsData.EOF Then

pernyataanSQL utk simpan data

end if

variabel strS1 bertipe data string, artinya berisi karakter bukan numeric (angka). Variabel ini berisi perintah SQL yang ingin mencari di database kolom kode_barang di dalam tabel stok, apakah ada kolom kode_barang yang sama dengan isian di kotak isian Txtkode_barang.Text.

penamaan objek di layout antar muka, harus konsisten, sehingga programmer bisa paham bahwa nama objek dengan awalan Txt adalah suatu textbox.

rsData , adalah variabel yang berfungsi sebagai penampung data (tabel / query) , karena sering digunakan maka ditulis di bagian module, yang bersifat sebagai variabel public.

Public rsData As ADODB.Recordset

Public cN As New ADODB.Connection

cN, adalah variabel yang berfungsi sebagai penghubung dengan database, sama dengan variabel rsData , maka bersifat public dan ditulis di Module

pernyataan kondisi If rsData.EOF Then

artinya adalah jika di vaiabel rsData yang mewakili tabel Stok , tidak ada data kolom kode_barang yang sama dengan kotak isian Txtkode_barang.Text , maka pernyataan SQL ditulis di ruang antara If ... then  samapai dengan End if

 

Vb.net (2008)

Namespace, jangan lupa selalu ditulis di bagian paling atas, sebelum area Form. Imports System.Data.OleDb

 

Cmd = New OleDbCommand("select * from stok where kode_barang='" & Txtkode_barang.Text & "'", Cn)

DR = Cmd.ExecuteReader

DR.Read()

If Not DR.HasRows Then

pernyataanSQL utk simpan data

End If

Keterangan,

Public Cn As OleDbConnection

OleDbConnection berfungsi untuk menghubungkan antar muka dengan sumber data.

Public Cmd As OleDbCommand

OleDbCommand berfungsi untuk menjalankan perintah SQL yang disudah dihubungkan dengan database dengan  variabel Cn.

 Public DR As OleDbDataReader

OleDbDataReader berfungsi membaca database dari variabel yang mewakili OleDbCommand

 

Setelah variabel Cmd , berhasil melakukan query untuk mengetahui apakah kolom kode_barang di tabel stok sama dengan isian yang ada di kotak Txtkode_barang.Text. Maka hasilnya ditampung di variabel DR yang sudah berisi variabel Cmd yang menggunakan fungsi ExecuteReader , untuk membaca data.

Pernyataan If Not DR.HasRows Then

Mempunyai maksud bahwa “jika tidak mempunyai data (rows) maka lakukan pernyataan SQL utk simpan data

Tutorial RK_digPrint_L10 – Modul Customer, program software aplikasi kasir digital printing, part 3

Modul customer tidak seperti modul layanan yang otomatis dalam membuat kode atau ID nya. Meskipun demikian, apabila ada permintaan untuk otomatisasi ID, tidak masalah. Data customer ini, digunakan untuk mendata konsumen yang sering datang untuk order. Konsumen ini harus ditentukan jenisnya, apakah sebagai DEALER, MASTER atau RETAIL. Jenis pada customer ini sebagai penanda untuk penentuan harga jual saat, customer order.

Apabila konsumen yang jarang datang dan belum sempat didata, anggaplah sebagai konsumen dengan ID ‘umum’. Namun setidaknya nama dan no telepon konsumen tadi harus diketahui untuk konfirmasi saat pesanan digital printing nya sudah selesai.

Modul customer, mempunyai tabel dibawah kotak isian. Adapun prosedur pengisian data sama dengan data induk layanan. Isikan dulu semua kotak isian, terutama untuk ID dan Jenis. Tekan tombol Simpan untuk mengakhiri. Data baru akan muncul di tabel jika berhasil. Apabila bagian jenis tidak terisi, maka saat di modul order dianggal jenis RETAIL.

Untuk mengubah dan menghapus data, cukup dengan klik 1x data di tabel. Data yang terpilih akan muncul di kotak isian. Dan seterusnya bisa dengan tekan tombol Ubah atau hapus untuk mengahiri.

CgridView updates automatically when create, update and delete views no 2

As my promise in the title article CgridView update otomatis saat create, update dan delete pada 1 tampilan  # 1 , I will continue to make a trick on the gridview. In the first article, when uploading files, there are 2 events that take place: upload files in a specific folder and save the file name in a particular table.
Now we will discuss how to delete the uploaded data in the table and at the same time to delete the stored files. And it will directly remove the data in its gridview so it always updates

1.Open file in view as upload form
Modified cgridview
(
             'class' => 'CButtonColumn',  
             'template' => '{delete}',
  )
Be as below:
array( 'class' => 'CButtonColumn',
                'template' => '{open}',
                'buttons' => array(
  'open' => array(
                 'url' => 'Yii::app()->createUrl("fileDiupload/conAktif", array("id"=>$data->id))',
                 'imageUrl' => Yii::app()->request->baseUrl . '/images/delete.png',  )
            )
),
 
2. Make the conActive function in its controller
public function actionConAktif($id)
        {
                        $konfirmasi=1;
                        $model=$this->loadModel($id);
                       
        $this->render('conaktif',array(
                                        'model'=>$model,
                                        'konfirmasi'=>$konfirmasi,
                        ));
        }
3. Make conactive views
<?php echo $this->renderPartial('_conformAktif', array(
                'model'=>$model,
                'konfirmasi'=>$konfirmasi,
                )); ?>
 
4.Make view _conformActive '
<?php
 
          if(isset($konfirmasi))
           {
                           ?>
                            <script>
 
                                          hasil=window.confirm("Yakin hapus file/data ini ?");
                                          if(hasil)
                                                        {
                                                          
                                                        window.location.href="../hapus/" + <?php echo $model->id ?>;
                                                        }
                                                        else
                                                        {
                                                                       
                                                                        window.location.href="../../unggah/unggahfile";
                                                        }
                                        </script>
                            <?php  
            }                             ?>       
 
5. After that go back to the controller to create the delete function
public function actionHapus($id)
        {
                        //hapus item data yg terpilih'
                        $model=$this->loadModel($id);
                        $file = $model->nama_file;
                       
                        $folder =Yii::app()->params['uploadDir'];
                         if( $file != null  &&  file_exists( $folder.'/'.$file ) )
                         {
             unlink(getcwd().'/'.$folder.$file); //hapus file yg terpilih datanya
                                         if ($model->delete())
                                         {
                                        if(!isset($_GET['ajax']))
        $this->redirect(isset($_POST['returnUrl']) ? $_POST['returnUrl'] : array('unggah/unggahfile'));
                                         }
                         
                        }
                       
        }


Please follow the steps above, if any bugs learn its errors,

CgridView updates automatically when create, update and delete views # 1

By default, in the Yii framework, the CgridView widget is inside admin.php. This component is useful for displaying data and as an effective search for subsequent data manipulation. So it can be said, CgridView is always in Yii project.
When creating and updating, CgridView can be displayed in 1 form with the same input, it needs a coding modification. Look at the picture below: <more>
 
Stage 1, to do CgridView order to display the data directly in accordance with the create as follows:
Open the admin.php file in protected / view / nama_view_anda .... Copy and paste it in _form.php under the cover of its div form


</div><!-- penutup  form -->
<?php $this->widget('zii.widgets.grid.CGridView', array(
        'id'=>'kategori-grid',
        'dataProvider'=>$model->search(),
        'filter'=>$model,
        'columns'=>array(
                        'nama_kategori',
                        array(
                                        'class' => 'CButtonColumn',
            'template' => '{update}{delete}',
           
            )
        ),
)); ?>
Modify the coding on the controller
In actionCreate, replace the string coding as follows:
if($model->save())
                                        {
                                                        $this->redirect('create');
//$this->redirect(array('view','id'=>$model->id));   INI YANG ASLI
                                        }
 
Please be practiced to save this new data, it will be able to get new data appear on the grid.
For the next article is a modification in actionUpdate. Please wait.

Tahap tahap pembuatan aplikasi program software bagian 2

Melanjutkan tulisan sebelumnya dalam tahap pembuatan aplikasi program software, setelah mengetahui sistem informasi yang dibutuhkan klien. Mengetahui tramsaksi utama dengan menggunakan pendekatan retail ( yang klien dan developer bisa saling paham ) sehingga diketahui gambaran struktur database utama yang harus ada.

Untuk lebih detail dari ini, biasanya developer meminta laporan laporan utama yang telah dibuat selama ini. Begitu juga nota manual yang digunakan/keluarkan. Dari laporan yang ada dan juga contoh nota, digunakan untuk analisa database.

Dalam ranah Relation Database Manegemen System atau RDMS hal ini disebut normalisasi. Upaya untuk menguraikan kolom kolom di laporan dan mencari kolom penghubung. Sehingga akan diperoleh tabel dan strukturnya. Tahap ini pertama yang dilakukan developer membuat tabel tabel master atau induk dan tabel transaksi nya.

Tutorial RK_digPrint_L10 – Modul Order atau Penjualan, program software aplikasi kasir digital printing bag 1

Modul Order atau Penjualan di program software aplikasi kasir digital printing berada di bagian Keuangan di vertikal menu. Objek di sebelah kanan layar utama, di atas tombol Login.

Saat mula modul dibuka, akan tampil Tanggal yang menunjukkan tanggal saat ini. Jika program dipakai sebagai rekap (mencatat ulang) dari nota manual yang telah dilakukan, maka ganti Tanggal secara manual.

No Nota, terisi secara otomatis juga. Isi no nota mempunyai format XX.nnnnnnn. Dengan keterangan XX adalah ID user yang login. Oleh karena user name yang tercatat di program, selalu unik sehingga XX juga bersifat unik juga. Sedangkan nnnnnnn adalah angka berjumlah 7 digit, sebagai no urut.

Customer , secara default yang tampil adalah ID ‘UMUM’. ID customer UMUM ini mempunyai jenis RETAIL. Sesuai informasi di modul customer, jenis RETAIL adalah konsumen yang datang secara personal dan jarang re-order ( datang kembali untuk order ). Tampilkan data customer yang sudah disimpan sebelumnya, dengan menekan tombol F7. Tombol F7 untuk menampilkan data pencarian customer.

Keterangan, jika customer jenis RETAIL, isikan dengan nama customer dan no teleponnya. Biasanya diisikan untuk memberi informasi tambahan terkait order pesanan yang dicatat di no nota ini.

Pengisian tabel order item

Jika sudah hapal kode item layanan atau stok, bisa diarahkan kursor mouse ke kolom Kode, kemudan di ENTER. Secara otomatis kolom Nama, Pjg, Lbr, Harga, Qty, Disk, dan Total akan terisi. Kursor berpindah daro kolom Kode ke kolom Ket. Isikan kolom Ket jika perlu, dan lakukan ENTER untuk pindah dan sekaligus mengisi dan menghitung nilai nilai di kolom lainnya.

Seperti sudah dibahas di berapa artikel blog ini, bahwa Digital Printing, bisa menjual stok retail dan layanan sekaligus dalam satu no nota. Caranya adalah dengan mengisi nilai NOL (0) baik di kolom Pjg dan Lbr, isilah nilai untuk Hrg Jual, Qty dan Disk. Kolom Pjg = 0 dan Lbr = 0 menjadi penanda bahwa yang dicatat adalah untuk penjualan item retail umum.

Apabila di kolom Pjg dan Lbr hanya 1 kolom yang Nol, maka kolom total akan bernilai Nol juga. Hal ini yang perlu diingat. Untuk item cetak atau digital printing, biasanya mempunyai ukuran luas, sehingga kolom Pjg dan Lbr wajib diisi lebih besar dari Nol.

MVC: model views control dalam YII bag 2 (View)

Melanjutkan tulisan MVC model view controller dalam framework YIi, sudah sampai pada Model.

Review lagi mengenai model, yaitu suatu kumpulan fungsi atau function yang mewakili suatu tabel atau query tabel dalam database. Model disimpan dalam suatu file yang berada di folders Model di root folder protected.

View.

Adapun view adalah suatu file yang berfungsi untuk antar muka aplikasi web. Mudahnya adalah tampilan aplikasi yang terlihat oleh pengguna itulah yang dimaksud view. Akan tetapi view dalam sudut pandang teknis merupakan file html atau php yang berisi coding < div> . Model yang mewakili isi database, yaitu isi tulisan ini yang tampil di view. Bagaimana caranya? Secara konsep yang melakukan adalah controller. Function di controller dipanggil (baca ditulis di view) agar menampilkan isi database nya di view. File file view berada di folder Views, mempunyai ekstensi php dan juga ada yg sebagian html. Karena folder ini berada di luar folder protected, sehingga source code nya yang meliputi juga CSS nya bisa dipelajari oleh user lain.   Untuk berikutnya di bagian 3 akan dibahas untuk controller

Tutorial RK_digPrint_L10 – Modul Order atau Penjualan, program software aplikasi kasir digital printing bag 2

Melanjutkan untuk artikel Modul Order atau Penjualan, program software aplikasi kasir digital printing bag 1, adalah tahap untuk mengisi kotak isian di bawah tabel.

Yaitu Operator, pilihlah data karyawan yang ada di kotak isian. Cara pengisian bisa dengan klik arah bawah di sebelah kanan kotak isian, atau klik tombol kecil di sebelah kirinya. Operator bersifat opsional, yang artinya boleh tidak diisikan.

Tipe Bayar, pilihlah macam tipe bayar, yaitu dengan klik arah bawah di sebelah kanan kotak isian, atau klik tombol kecil di sebelah kirinya. Secara default, tipe bayar terisi ‘Cash’

Tanggal Jadi,secara default sudah terisi tanggal saat ini. Tanggal bisa diatur dengan cara klik arah bawah di sebelah kanan.

Diskon Rp,bagian ini biasa disebut diskon nota. Yaitu potongan harga dari total item dari tabel di atasnya.

Bayar/DP Rp, jika pembayaran lunas maka nilai pembayaran = nilai total item dikurangi diskon notanya.

 

Kotak isian Sisa Rp akan terisi secara otomatis setelah ENTER kotak Bayar nya.

 

Tombol Simpan

Digunakan untuk menyimpan dan atau memperbaharui data di no nota tertentu. Selama no nota belum dicetak, data yang tersimpan bisa ditampilkan lagi.

Tekan tombol F4, di sebelah kanan No nota, untuk melakukan pencarian data no nota yang sudah tersimpan sebelumnya. Setelah terpilih, semua data akan tampil dan bisa diubah. Akhiri tekan tombol Simpan lagi untuk menyimpan data yang berubah tadi.

Tombol Cetak

Setelah data sudah tersimpan, bisa dilakukan untuk cetak ke kertas nota. Setiap mencetak nota, secara otomatis no nota tidak boleh lagi diubah. Hal ini untuk mengantisipasi agar sinkron antara cetak nota yang dibawa oleh konsumen dengan data yang tersimpan.

Tombol Batal

Digunakan untuk menghapus transaksi yang pernah dicatat. Setiap no nota yang dibatalkan, tidak akan dianggap sebagai pemasukan dan tidak akan tampil di laporan order.

MVC: model views control dalam YII bag 1 (Model)

Aplikasi web berbeda dalam manajemen database dibanding dengan aplikasi desktop. Aplikasi web dengan basis file php, mengunakan kerangka kerja atau framework dalam menangani transaksinya. Dalam tulisan ini, digunakan framework YII.

Untuk anda yang belum tahu singkatan YII , bahwa YII kependekan dari Yes It Is.

Maksud dari pembuatnya, jika ada orang yang tanya framework apa yang bisa menangani dengan respon cepat apa? Framework yang handal untuk kelola web besar apa? Semua itu jawabnya Yes It Is.

Sebenarnya kenapa kok ada istilah MVC, bukan di aplikasi dekstop juga ada modelnya,ada viewnya dan controllernya?

Ranah web konsep MVC lebih tegas karena memisahkan Model View dan Controler nya, sedangkan di dektop dalam 1 layout atau view, controller jadi satu untuk mengolah modelnya.

Baiklah kita ulas apa yang dimaksud dengan MVC ini. Model. Yang dimaksud dari model adalah function yang mewakili dari suatu tabel di database. Di manajemen file php framework Yii, semua file model disimpan dalam folder Models. File file model untuk pemula bisa diperoleh dengan cara aktivasi Gii untuk men CRUD sehingga secara otomatis file model terbuat di folder models. Untuk selanjutnya akan kita bahas tentang View di tulisan selanjutnya

Tutorial RK_digPrint_L10 – Modul Produk Layanan Stok, program software aplikasi kasir digital printing, part 2

Pada bagian 2, Tutorial RK_digPrint_L10 – Modul Produk / Layanan /  Stok, program software aplikasi kasir digital printing berisi cara mengubah dan menghapus data induk. Meski pun untuk menghapus data induk, disarankan saat belum ada transaksi order yang memakai data induk tadi. Hal ini dimaksudkan agar transaksi bisa selalu dipanggil lagi, tidak ‘hilang’ yang disebabkan relasi antara data detail penjualan dengan data stok hilang/terputus.

Setelah modul layanan terbuka, langkah pertama adalah menampilkan data layanan yang akan diubah.

  1. Tekan tombol F1, yang letaknya disebelah kotak isian Kode.
  2. Setelah modul pencarian muncul di pojok kanan bawah, letakkan kursor mouse di bagian kotak isian sebelah ‘Cari Berdasarkan’. Ketik kotak isian tersebut, secara otomatis tabel data di bawahnya akan sortir data. Setelah data yang dicari kelihatan, arahkan mouse ke data di tabel, klik 2x untuk memilih dan menutup modul pencarian.
  3. Modul pencarian hilang dan seluruh kotak isian di modul layanan / stok akan terisi data.
  4. Arahkan kursor di kotak isian yang akan diganti atau ubah.
  5. Ganti atau ubah lah data yang salah.
  6. Tekan tombol ubah untuk mengakhiri.

Untuk melihat tindakan pengubahan data tersebut berhasil, dapat dengan membersihkan terlebih dulu semua kota isian dengan tekan Baru. Setelah itu, panggil lagi data dengan menekan tombol F1 untuk memunculkan modul pencarian. Dan seterusnya ikuti langkah no 3 dan 4 di atas.

 

Adapun untuk menghapus data , hampir sama dengan cara mengubah data. Pada langkah di atas, ikuti no. 1 sampai dengan 4. Apabila sudah tampil datanya, akhiri dengan menekan tombol Hapus.