posted by aryo tejo w on August 14, 2019

Keluhan yang sering terdengar ketika usaha yang dirintis oleh owner, semakin lama menyita waktu. Waktu untuk keluarga semakin berkurang begitu juga waktu untuk menjaga kesehatan.

Usaha semakin besar, semakin membutuhkan perhatian yang berlebih pula. Staf atau karyawan belum sepunuhnya bisa diberi tugas untuk mengelola aset usaha.

Program komputer untuk mencatat aktivitas transaksi bisnis, mutlak ada. Semua transaksi harus tercatat, sehingga bisa dilihat kembali laporan transaksi tersebut.

Apabila ada komplain dari pelanggan yang datang tanpa nota cetak dari program komputer, harus dicek dahulu siapa yang melayani. Nota manual sangat mudah sekali disalahgunakan. Karena nota manual, tidak akan mengurangi stok secara otomatis di program, sehingga antara database stok akan selisih dengan program. Bagaimana dengan uang transaksinya? Jelas, uang transaksi juga tidak akan tercatat dan tidak atau belum terlaporkan saat setor ke manajemen.

Penggunaan nota manual, harus sepengatahuan manajer atau pemiliknya langsung.

 

Ada pernah dengar cerita pemilik usaha yang hilang aset nya, karena ada transaksi dengan nota manual. Dalam rentang setahun bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

 

Jadi daripada hilang aset sampai belasan juta, lebih baik investas program komputer untuk bisnis, yang jauh lebih kecil dari hilangnya aset usaha.

SILAKAN UNDUH untuk unduh produk rumahkode - satufokus , retail , digital printing , bengkel , bimbel , koperasi sekolah , koperasi simpan pinjam dll

Leave a Comment

Fields with * are required.

Please enter the letters as they are shown in the image above.
Letters are not case-sensitive.