posted by aryo tejo w on July 8, 2019

Angular JS apakah itu? Suatu framework java script yang dikembangkan pertama kali oleh google. Konsep utama framework ini adalah menciptakan "single page transaction" yang secara bahasanya pak "Bambang" maksudnya membuat transaksi dalam satu halaman web base. Anda yang pernah belajar web, pastilah paham bahwa setiap tekan tombol selalu pindah halaman baru. Nah beda dengan aplikasi desktop , yang selalu dalam satu form / page setiap transaksinya. Oleh karena java script adalah library untuk pengembangan UI, user interface maka angular JS pun mengelola sisi client. Sedangkan sisi server masih ditangani oleh php, java, asp dan turunan ketiganya, termasuk python, dan .net.

Perkembangan angularjs sendiri untuk kemudian hanya disebut angular versi 1, untuk versi 2, 4 dan seterusnya, angular berkembang menjadi framework web develop, tidak sekedar framework javascript saja.

Bagaimana masa depan angularjs itu sendiri? jangan kuatir... google masih support dengan LTS nya Long Term Support, sila baca di https://angularjs.org/ sebagai web resmi dari angularjs.

Jadi jika ingin membuat aplikasi web yang mirip aplikasi desktop silakan pelajari angularjs. Dengan single page aplication, tidak berpindah halaman tiap submit baik itu POST atau GET. semua karena memakai teknologi AJAX yang dibundle dengan angularjs.

Leave a Comment

Fields with * are required.

Please enter the letters as they are shown in the image above.
Letters are not case-sensitive.