posted by aryo tejo w on September 2, 2016

Aplikasi web berbeda dalam manajemen database dibanding dengan aplikasi desktop. Aplikasi web dengan basis file php, mengunakan kerangka kerja atau framework dalam menangani transaksinya. Dalam tulisan ini, digunakan framework YII.

Untuk anda yang belum tahu singkatan YII , bahwa YII kependekan dari Yes It Is.

Maksud dari pembuatnya, jika ada orang yang tanya framework apa yang bisa menangani dengan respon cepat apa? Framework yang handal untuk kelola web besar apa? Semua itu jawabnya Yes It Is.

Sebenarnya kenapa kok ada istilah MVC, bukan di aplikasi dekstop juga ada modelnya,ada viewnya dan controllernya?

Ranah web konsep MVC lebih tegas karena memisahkan Model View dan Controler nya, sedangkan di dektop dalam 1 layout atau view, controller jadi satu untuk mengolah modelnya.

Baiklah kita ulas apa yang dimaksud dengan MVC ini. Model. Yang dimaksud dari model adalah function yang mewakili dari suatu tabel di database. Di manajemen file php framework Yii, semua file model disimpan dalam folder Models. File file model untuk pemula bisa diperoleh dengan cara aktivasi Gii untuk men CRUD sehingga secara otomatis file model terbuat di folder models. Untuk selanjutnya akan kita bahas tentang View di tulisan selanjutnya

Leave a Comment

Fields with * are required.

Please enter the letters as they are shown in the image above.
Letters are not case-sensitive.