posted by aryo tejo w on February 14, 2020

Apapun usaha yang Anda geluti, apabila sudah mempunyai karyawan untuk membantu mengelola, pastikan aplikasi untuk mencatatnya. Tidak selalu bisa mengawal jalankan usaha, menjadi celah terjadinya penyimpangan.

Seorang yang sudah lama membantu dalam suatu usaha, pelan pelan akan mengetahui seluk beluk usaha tersebut. Salah satunya adalah sistem pencatatan transaksi.

Disarankan apabila belum memakai sistem komputerisasi, menggunakan kertas nota yang mempunyai no seri yang unik. Maksudnya adalah tiap nota mempunyai no seri yang berbeda. Setiap hari harus melaporkan nota yang keluar dengan meng urut kan no serinya.

Pengendalian no seri nota, bisa menekan, selisih jumlah barang yang tercatat dengan jumlah di toko.

Sebelum memperkerjakan karyawan ada baiknya, ada perjanjian tertulis, agar karyawan harus mematuhi aturan mainn di toko. Salah satunya adalah mewajibkan setiap penjualan dengan jumlah diatas nilai tertentu harus memakai nota.

Terutama jika ada penjualan kredit, maka nota sebagai bukti terjadinya piutang.

Apabila ada yang mencoba menjual tanpa ada nota, mestinya ada peringatan, salah satunya untuk mengetahuinya dengan memasang CCTV di toko.

Sebuah nota memang salah satu pengendali tindak penyimpangan di usaha. Apalagi jika nota tersebut sudah dibuatkan sistem yang terkomputerisasi sehingga pelacakan lebih mudah.

Leave a Comment

Fields with * are required.

Please enter the letters as they are shown in the image above.
Letters are not case-sensitive.