posted by aryo tejo w on July 14, 2019

Menulis artikel di web, tidak sama dengan menulis artikel di media cetak.

Dikarenakan jumlah web yang banyak sekali, pembaca web hanya benar benar tertuju pada layar gadget mereka, apabila tulisan yang mereka temui dari googling memenuhi harapan mereka.

 

Perlu juga diketahui, menatap layar gadget terlalu lama, dan bahkan dengan posisi kepala yang menunduk, jelas akan menimbulkan masalah kesehatan yang buruk. Sudah banyak artikel kesehatan mengupas, dari kecenderungan mata cepat lelah, juga mengakibatkan gangguan otot leher.

 

Mengingat hal itu, suatu studi di negara barat, menyarankan bahwa tulisan di web harus mengikuti perilaku manusia dalam membaca di gadget.

Yang pertama tulisan harus jelas, tidak boleh kecil yang dapat cepat melelahkan mata.

Yang kedua, tulisan harus sering dipisah dengan paragraf baru. Maksudnya, memisahkan kumpulan tulisan dengan suatu kumpulan kecil kecil agar tidak lelah mata melihat diurutan mana suatu tulisan yang sedang dibaca.

 

Gerakan mata manusia dalam membaca artikel yang baru mereka temui, menurut studi negara barat, ibarat melakukan scanning yang membentuk huruf F.

 

Artinya, mata akan mencari ke bawah dengan cepat suatu artikel yang judulnya sesuai yang dicari. Seperti bagian huruf F yang posisi garis tegak.

Selajutnya mata manusia akan kembali ke atas, dan bergerak mendatar. Seperti bagian huruf F yang posisi horisontal bagian atas.

Dan seterusnya mata akan scanning ke bawahnya. Seperti bagian huruf F yang posisi horisontal bagian bawah.

Leave a Comment

Fields with * are required.

Please enter the letters as they are shown in the image above.
Letters are not case-sensitive.