posted by aryo tejo w on May 8, 2018

Persamaan keduanya harus selesai tahap syntax coding compiler yg dipakai. Artinya adalah kedua sudah mempunyai skill program suatu compiler. Perbedaan antara developer dan programer terletak pada penekanan skill yang dipunyai. Pada dasarnya developer mempunyai skill logic yang midlle up. Kemampuan developer dalam coding meliputi menyimpan menampilkan dan mengubah database serta mampu membuat laporan yang seinformatif mungkin. Itulah kemampuan ‘midlle up’ seorang developer aplikasi.

Adapun seorang programer mempunyai skill coding yang mantap dan kemampuan menterjemahkan logika rumit ke dalam "bait bait" source code dengan baik. Programer terbiasa membuat function atau prosedure yang reusable dan mudah dikembangkan oleh sesama programer lain.

Akan tetapi programer kurang menguasai sistem manajemen informasi yang bisa diterapkan. Ibarat kata, seorang developer bisa membuat sebuah mobil dari merangkai body hingga finishing cat. Dari memasang engine hingga memasang ban. Dari mengkonsep mobil, desain dan bahkan kenyaman mobil bisa dia kerjakan.Adapun engine yang developer buat tidak canggih amat.

Programer fokus dan senang untuk membuat engine yang handal dengan itungan aerodinamik yg berhasil dia terapkan dengan baik di engine itu. Tapi belum tentu bisa merangkai semua komponen mobil sehingga mobil tersebut bisa jalan.

Leave a Comment

Fields with * are required.

Please enter the letters as they are shown in the image above.
Letters are not case-sensitive.