posted by aryo tejo w on July 11, 2019

Sekedar berbagi opini terkait dunia coding, bahwa pengembang software dan juga programmer, sama sama mempunyai kesenangan dalam berpikir secara logic.

Jika syarat ini terpenuhi maka akan terjadi seperti ini.

Begitulah kira kira pseudo code nya. Persamaan lainnya adalah betah berlama lama menatap layar monitor saat ada bug yang bikin penasaran untuk membetulkannya. Amatlah menggangu pikiran jika bug tadi belum juga terpecahkan, bahkan kadang terbawa dalam mimpi !!!

Cara men debug untuk memecahkan bug, suatu hal yang penting untuk menelusuri dibagian mana letak salah ketiknya. Kelelahan fisik terutama mata, sangatlah manusiawi sehingga mengakibatkan bug terjadi. Ada sisipan tanda baca titik, koma atau salah ketik variabel yang kelebihan atau kurang satu huruf sering terjadi pada aplikasi yang sudah besar.

Untuk perbedaan antara developer dan programmer salah satu, jika dipandang dari apa yang dihasilkan adalah; developer mempunyai orientasi produk software atau aplikasi, sedangkan programmer lebih pada menciptakan fitur atau bagian kecil dari aplikasi. Oleh karenanya programmer lebih cenderung bekerja pada perusahaan besar yang mempunyai produk dengan kompleksitas tinggi dan power full. Mereka bisa kerja jarak jauh atau remote work dengan menggunakan situs github sebagai sarana untuk menaruh progress kerjaan. Semua programmer yang bekerja sama dalam project bareng secara jarak jauh pastilah familiar dengan github.com.

Leave a Comment

Fields with * are required.

Please enter the letters as they are shown in the image above.
Letters are not case-sensitive.