posted by aryo tejo w on September 6, 2016

Modul Order atau Penjualan di program software aplikasi kasir digital printing berada di bagian Keuangan di vertikal menu. Objek di sebelah kanan layar utama, di atas tombol Login.

Saat mula modul dibuka, akan tampil Tanggal yang menunjukkan tanggal saat ini. Jika program dipakai sebagai rekap (mencatat ulang) dari nota manual yang telah dilakukan, maka ganti Tanggal secara manual.

No Nota, terisi secara otomatis juga. Isi no nota mempunyai format XX.nnnnnnn. Dengan keterangan XX adalah ID user yang login. Oleh karena user name yang tercatat di program, selalu unik sehingga XX juga bersifat unik juga. Sedangkan nnnnnnn adalah angka berjumlah 7 digit, sebagai no urut.

Customer , secara default yang tampil adalah ID ‘UMUM’. ID customer UMUM ini mempunyai jenis RETAIL. Sesuai informasi di modul customer, jenis RETAIL adalah konsumen yang datang secara personal dan jarang re-order ( datang kembali untuk order ). Tampilkan data customer yang sudah disimpan sebelumnya, dengan menekan tombol F7. Tombol F7 untuk menampilkan data pencarian customer.

Keterangan, jika customer jenis RETAIL, isikan dengan nama customer dan no teleponnya. Biasanya diisikan untuk memberi informasi tambahan terkait order pesanan yang dicatat di no nota ini.

Pengisian tabel order item

Jika sudah hapal kode item layanan atau stok, bisa diarahkan kursor mouse ke kolom Kode, kemudan di ENTER. Secara otomatis kolom Nama, Pjg, Lbr, Harga, Qty, Disk, dan Total akan terisi. Kursor berpindah daro kolom Kode ke kolom Ket. Isikan kolom Ket jika perlu, dan lakukan ENTER untuk pindah dan sekaligus mengisi dan menghitung nilai nilai di kolom lainnya.

Seperti sudah dibahas di berapa artikel blog ini, bahwa Digital Printing, bisa menjual stok retail dan layanan sekaligus dalam satu no nota. Caranya adalah dengan mengisi nilai NOL (0) baik di kolom Pjg dan Lbr, isilah nilai untuk Hrg Jual, Qty dan Disk. Kolom Pjg = 0 dan Lbr = 0 menjadi penanda bahwa yang dicatat adalah untuk penjualan item retail umum.

Apabila di kolom Pjg dan Lbr hanya 1 kolom yang Nol, maka kolom total akan bernilai Nol juga. Hal ini yang perlu diingat. Untuk item cetak atau digital printing, biasanya mempunyai ukuran luas, sehingga kolom Pjg dan Lbr wajib diisi lebih besar dari Nol.
KLIK UNTUK LANJUT

Leave a Comment

Fields with * are required.

Please enter the letters as they are shown in the image above.
Letters are not case-sensitive.