posted by aryo tejo w on August 31, 2016

Pada bagian 2, Tutorial RK_digPrint_L10 – Modul Produk / Layanan /  Stok, program software aplikasi kasir digital printing berisi cara mengubah dan menghapus data induk. Meski pun untuk menghapus data induk, disarankan saat belum ada transaksi order yang memakai data induk tadi. Hal ini dimaksudkan agar transaksi bisa selalu dipanggil lagi, tidak ‘hilang’ yang disebabkan relasi antara data detail penjualan dengan data stok hilang/terputus.

Setelah modul layanan terbuka, langkah pertama adalah menampilkan data layanan yang akan diubah.

  1. Tekan tombol F1, yang letaknya disebelah kotak isian Kode.
  2. Setelah modul pencarian muncul di pojok kanan bawah, letakkan kursor mouse di bagian kotak isian sebelah ‘Cari Berdasarkan’. Ketik kotak isian tersebut, secara otomatis tabel data di bawahnya akan sortir data. Setelah data yang dicari kelihatan, arahkan mouse ke data di tabel, klik 2x untuk memilih dan menutup modul pencarian.
  3. Modul pencarian hilang dan seluruh kotak isian di modul layanan / stok akan terisi data.
  4. Arahkan kursor di kotak isian yang akan diganti atau ubah.
  5. Ganti atau ubah lah data yang salah.
  6. Tekan tombol ubah untuk mengakhiri.

Untuk melihat tindakan pengubahan data tersebut berhasil, dapat dengan membersihkan terlebih dulu semua kota isian dengan tekan Baru. Setelah itu, panggil lagi data dengan menekan tombol F1 untuk memunculkan modul pencarian. Dan seterusnya ikuti langkah no 3 dan 4 di atas.

 

Adapun untuk menghapus data , hampir sama dengan cara mengubah data. Pada langkah di atas, ikuti no. 1 sampai dengan 4. Apabila sudah tampil datanya, akhiri dengan menekan tombol Hapus.

Leave a Comment

Fields with * are required.

Please enter the letters as they are shown in the image above.
Letters are not case-sensitive.