posted by aryo tejo w on March 28, 2020

Kerja dari rumah ato work from home WFH istilah yang sering kita dengar saat ini, Maret 2020. Meski sebenar sudah lama saya melakukan WFH atau tepatnya dimanapun tempat asal ada power listrik PLN dan ada sinyal internet.

Lebih 5 tahun kerja jarak jauh, meski sebenarnya lebih tepat support via internet. Proses bisnis tidak mengharuskan ketemu langsung dengan user end, kecuali hal tertentu misal trial error hardware printer yg membutuhkan setingan dan model cetak yang unik. Selebihnya, kerja dengan membuat sample produk aplikasi dan meng upload ke server agar bisa direview oleh end user.

Oleh karena sudah ada sample, proses selanjutnya adalah customisasi produk menyesuaikan kebutuhan bisnis user. Penggalian informasi cukup melalui voice telepon ataupun email dan chating dengan foto sebagai pendukung. WFH sudah biasa saya lakukan dan memang akan jadi trend ke depan, ketika internet cepat sudah menjangkau seluruh Indonesia dan dunia. Mekanisme pasar akan membuat provider memberi layanan trbaiknya, melalui harga murah, fitur lengkap dan kuota besar.

Dengan robotisasi dan semua serba internet, layanan jarak jauh memang bisa jadi trend ke depan, meski etap tidak akan bisa menghilangkan sisi kemanusiaannya, yaitu tetap ingin ber sosialisasi dan interaksi secara fisik

Leave a Comment

Fields with * are required.

Please enter the letters as they are shown in the image above.
Letters are not case-sensitive.