posted by aryo tejo w on May 11, 2018

Dalam pembuatan aplikasi web, ada beberapa bahasa pemrograman yang mesti dikuasai atau setidaknya paham. Apabila aplikasi web berbasis php, maka untuk lebih cepat dalam membuat dan men "deploy" aplikasi ke web server, disarankan untuk mempelajari juga kerangka kerja atau framework. Dalam framework, sudah disediakan fungsi dan aturan sistem untuk masalah keamanan data, routing  ( pindah page, aturan POST - GET dll ), caching dan lainnya. Setelah framework dikuasai, pengembang aplikasi lebih fokus ke sistem bisnis itu sendiri, sehingga kerjaan pengembang lebih terbantukan.

Oleh karena web besifat publik, maka masalah tampilan harus diperhatikan juga. Terlebih dewasa ini, dengan adanya perangkat "mobile" maka desain web harus dapat menyesuaikan ukuran dari perangkat. Masalah tampilan di web, diatur dalam file html dan css. Tampilan adalah ranah client side atau sisi pengguna, untuk itu mesti juga mempelahari kerangka kerja pengaturan layour web ini.

Twiiter memperbolehkan penggunaan secara gratis kerangka layout web nya, yang dikenal dengan BOOTSTRAP. Dan satufokus.com ini telah menggunakan boostrap versi 4, yang merupakan versi paling update untuk saat ini , Mei 2018. Akan tetapi saat memakai vesi 4 ini, ada banyak penyesuain yang mesti diperhatikan, antara lain penggunaan glyphicons. 

Glyphicons adalah tampilan ikon-ikon kecil yang sudah ada di bootstrap, sehingga membantu pengembang web dalam mempercantik tampilan. Sekali lagi pengembang tidak susah susah meminta bantuan desain grafis jika hanya membuat ikon. Fitur glyphicons tidak bisa digunakan secara langsung di versi 4 ini, ada beberapa langkah untuk itu, yaitu:

  1. Unduh lah file glyphicons.css ini  ( silakan klik

      2.extract dan taruh lah di folder css di project web

      3.coding lah di bagian header untuk deklarasi penggunaan file css itu

<? Php Yii::app()->clientScript->registerCssFile(Yii::app()->theme->baseUrl . "/css/glyphicons.css"); ?>

 

Dan ikon bootstrap siap digunakan.

<class="glyphicon glyphicon-record">

Suatu ikon gambar disket, yang mempunyai maksud untuk menyimpan

Leave a Comment

Fields with * are required.

Please enter the letters as they are shown in the image above.
Letters are not case-sensitive.